Wednesday, January 9, 2013

Gubernur Jabar Minim Aksi Soal Peningkatan UKM




KUNINGAN Calon Gubernur (cagub) Jawa Barat periode 2013-2018 dari Partai Golkar, Irianto MS Syafiuddin atau yang akrab disapa Kang Yance menyatakan, untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi provinsi Jawa Barat pemerintah harus aktif melibatkan partisipasi warga masyarakat melalui kegiatan pembinaan bidang wirausaha.
Menurut cagub nomor urut dua (2) yang memiliki visi misi Jawa Barat Mulia (Makmur, Unggul, Lestari, Inovatif, Agamis) ini, pertumbuhan ekonomi melalui Pendapatan Asli Daerah (PAD) signifikan melalui pemberdayaan Usaha Kecil Menengah (UKM) di desa-desa. “Karena tidak mungkin pemerintah mampu melakukan pertumbuhan ekonomi tanpa melibatkan kalangan pengusaha UKM. Itu kajian yang selama ini saya teliti,” jelasnya.
Untuk itu, mantan Bupati Indramayu dua periode ini berkeinginan membentuk lembaga masyarakat, baik dari kalangan pesantren, karang taruna, dan organisasi pemuda lainnya melalui pembinaan mental kewirausahaan dan ahlak SDM nya, kemudian disertai modal awal. “Saya ingin membentuk santri karya dari kalangan pesantren yang dididik jadi seorang wirausahawan yang kemudian diberikan modal,” ujar Kang Yance.
Seharusnya, pertumbuhan ekonomi melalui PAD Jawa Barat sangat berpotensi ditingkatkan lagi. Saat ini, pemerintah masih minim aksi menggalakkan UKM di desa-desa. “Pemerintah harus menyertakan modal dalam pelatihan UKM ke masyarakat. Seperti pelatihan bidang peternakan, pertanian dan perkebunan. Kemudian dilanjutkan dengan membentuk balai pelatihan kerja,” paparnya.
Minimnya peran pemerintah didukung dari belum terealisasinya penghapusan jumlah pengangguran di Jawa Barat. Dari jumlah 2 juta pengangguran, 80 persen dari warga miskin di pedesaan dan 20 persen warga miskin perkotaan

No comments:

Post a Comment